Langsung ke konten utama

Hubungkan Laptop Dengan TV Pakai HDMI (ARandR)

Cerita punya cerita, beberapa hari kemarin saya iseng membeli kabel HDMI to HDMI tepatnya di depan kampus E Gunadarma, waktu itu saya beli yang panjangnya 1,5m. Niatnya sih gara-gara keluarga saya ingin nonton film di TV LCD(ada HDMI) di rumah dimana file filmnya itu ada di laptop saya yang hanya berukuran 14”, nah maka dari itu saya beli kabel HDMI. Ketika sampai rumah dengan rasa penasaran langsung saya tes saja kabel tersebut untuk menghubungkan laptop saya ke layar besar LCD, dan ternyata berhasil. Ini dia foto yang saya ambil pada TV LCD ketika menjalankan sistem operasi Linux Ubuntu pada laptop saya:

Cukup seru ternyata untuk menonton film dengan kualitas BluRay 720p, gambar yang ditampilkan sangat apik sekali. 

Tapi sesuatu terjadi, dimana ketika telah tidak terhubung layar laptop saya tetap mati. Wow apa yang terjadi? Ternyata saya menemukan cara untuk menyelesaikannya. Coba saya install sebuat aplikasi kecil yakni ARandR. Pada Ubuntu cukup ketikan saja


Nah ARandR ini berguna untuk mengkonfigurasi penguasaan layout display kita, dimana dapat mengatur untuk tampil pada device apakah, laptop atau TV.
Coba kita lihat gambar dibawah ini:

Disana tampil tulisan LVDS1 berarti akan tampil pada layar laptop. Jika kita sudah menhubungkan kabel HDMI antara laptop-TV tinggal Active kan saja HDMI1 pada Menu Output-HDMI1 klik Active. Maka gambar akan tampil pada layar laptop juga TV. Nah untuk mematikannya tinggal klik saja Active yang sudah tercentang(dimana kedaan sudah aktif) untuk meatikannya. Semoga cerita pribadi saya ini cukup membantu teman-teman yang mempunyai pengalaman yang sama dengan saya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siklus Hidup Layanan TI

ITIL (Information Technology Infrastructure Library) adalah kerangka umum yang menggambarkan Best Practice dalam manajemen layanan IT. ITIL menyediakan kerangka kerja bagi tata kelola IT, "membungkus layanan", dan berfokus pada pengukuran terus-menerus dan perbaikan kualitas layanan IT yang diberikan, baik dari sisi bisnis dan perspektif pelanggan. Kerangka kerja ITIL menyediakan struktur yang menerangkan layanan TI dalam bentuk siklus hidup (lifecycle). Pembuatan struktur dalam bentuk lifecycle ini untuk mempermudah pemahaman tahapan proses dan fungsi TI yang ada dalam ITIL. Ada 5 proses service lifecycle dalam ITIL, yaitu: 1. Service Strategy (Strategi Layanan) Sebagai pusat siklus layanan TI, Service strategy merupakan inti dari siklus hidup ITIL. Service Strategy menetapkan panduan/pedoman bagi penyedia layanan TI dan pelanggan mereka, untuk membantu mereka beroperasi dan berkembang dalam jangka panjang dengan membangun strategi layanan yang jelas seperti layanan apa yang

Keadilan dan Berbagai Macam Keadilan

Di sela-sela waktu luang ini saya sempatkan untuk membuat sebuah tulisan yang dimana memang diwajibkan untuk menulisnya, memang apa yang akan saya tulis saat ini? Ya tidak lain dan tidak bukan ini adalah merupakan tugas wajib saya untuk mata kuliah Ilmu Budaya Dasar, dikarenakan untuk setiap minggu mahasiswa harus membuat tulisan sesuai dengan SAP yang ada. Pada kesempatan ini saya akan menulis tentang “Manusia dan Keadilan”. Pertama akan saya jelaskan terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan keadilan. Saya menemukan tentang pengertian keadilan di ebook Ilmu Budaya Dasar dari Gunadarma dimana dijelaskan oleh Aristoteles, sebagai berikut Keadilan menurut Aristoteles adalah kelayakan dalam tindakan manusia. Kelayakan diartikan sebagai titik tengah diantara kedua ujung ekstrem yang terlalu banyak dan terlalu sedikit. Kedua ujung ekstrem itu menyangkut dua orang atau benda. Bila kedua orang tersebut mempunyai kesamaan dalam ukuran yang telah ditetapkan, maka masing-masing

Istilah Dalam Skenario dan Aplikasi Untuk Menulis Skenario

Skenario, adegan layar (screenplay) atau naskah film ialah cetak biru yang ditulis untuk film atau acara televisi. Skenario dapat dihasilkan dalam bentuk olahan asli atau adaptasi dari penulisan yang sudah ada seperti hasil sastra.  Istilah dalam Skenario antara lain: 1.      BCU (BIG CLOSE UP): Pengambilan gambar dengan jarak yang sangat dekat. Biasanya, untuk gambar-gambar kecil agar lebih jelas dan detail, seperti anting tokoh. 2.      CAMERA FOLLOW: Petunjuk pengambilan gambar dengan cara mengikuti pergerakan obyek 3.      CAMERA PAN TO: Petunjuk pengambilan gambar dengan cara mengalihkan kamera kepada obyek yang dituju dari obyek sebelumnya 4.      COMMERCIAL BREAK: Jeda iklan. Penulis skenario harus memperhitungkan jeda ini, dengan memberi kejutan atau suspense agar penonton tetap menunggu adegan berikutnya. 5.      CREDIT TITLE: Penayangan nama tim kreatif dan orang yang terlibat dalam sebuah produksi 6.      CU (CLOSE UP): Pengambilan gambar dengan jarak yang cukup dekat. Biasa