Langsung ke konten utama

Keluarga Ideal

Keluarga
Oke, untuk tugas beikutnya saya membahas tentang keluarga ideal beserta hadist nya.
Saya dapatkan dari sini.
Allah merahmati seorang wanita yang bangun malam kemudian mengerjakan shalat dan membangunkan suaminya, maka suaminyapun menegerjakan shalat. Jika suaminya menolak bangun, ia percikkan air pada wajahnya.(HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah)
Hadits ini bisa dipelajari dari berbagai sudut. Dari sudut kehidupan rumah tangga, jelas nampak betapa sebuah keluarga harus dibangun atas dasar keimanan yang kuat. Hanya keluarga yang imannya kuat saja yang mampu melaksanakan hadits ini.

Tonggak utama keluarga adalah suami istri. Kedua unsur ini harus memiliki bobot keimanan yang sama, sehingga ada keharmonisan dalam mengayuh sebuah kendaraan yang mesti melalui berbagai belokan dan tanjakan. Pertama yang harus sama adalah imannya, baru kemudian yang lainnya.

Tentu saja hal ini harus dimulai dari sejak pemilihan calon suami atau istri. Yang harus sekufu (seimbang) pertama kali adalah visi, missi, cita-cita, ideologi, yang terangkum dalam kualitas imannya. Soal tingkat pendidikan, harta kekayaan, status sosial, latar belakang, kecantikan dan ketampanan, sekalipun tetap patut dijadikan pertimbangan namun bukan yang nomor satu.

Memang benar bahwa dalam soal ibadah masing-masing individu menanggung beban dan pahala atau siksa yang sama. Ibadahnya suami tidak bisa ditransfer untuk istrinya, demikian juga sebaliknya. Apa yang dikerjakan oleh suami adalah untuk suami, sedang yang diperbuat oleh istri -baik atau buruk- adalah untuk istri. Dalam kaitan ini suami istri punya kedudukan yang sama. Allah berfirman:
 "Barangsiapa mengerjakan amal shalih, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan." (QS. An-Nahl: 97)

Lewat hadits di atas, Islam juga menolak gagasan bahwa surga dan nerakanya istri itu tergantung pada suaminya. Ajaran Islam secara tegas menyatakan bahwa seseorang hanya menanggung apa yang diperbuatnya. Di luar itu adalah tanggungan orang lain.
"Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya." (QS. Al-Baqarah: 286)
Bahkan suami istri tidak bisa saling menolong pada hari perhitungan. Demikian juga anak tidak bisa menolong orang tuanya atau sebaliknya, apalagi harta benda. Allah menggambarkan dalam surah Asy-Syu'ara: 88, bahwa pada hari kiamat itu tidak lagi bermanfaat harta maupun anak-anak. Masing-masing orang bertanggung jawab atas dirinya sendiri. Ayah, ibu, anak adalah hubungan fungsional, yang masing-masing akan mempertanggungjawabkan fungsinya sendiri-sendiri kelak di hadapan Allah.

Kesempatan untuk saling menolong itu justru ada dan terbuka luas semasa hidup di dunia. Malahan pernikahan, hubungan suami istri dan hubungan kekeluargaan diadakan untuk tujuan saling menolong ini. Suami menolong istri, istri menolong suami, orang tua menolong anak, dan sebaliknya, anak menolong orang tua. Di sini terjadi interaksi, bahkan interdependensi.

Tolong-menolong itu tidak sebatas pada masalah-masalah duniawi, tapi juga pada masalah ukhrawi. Dalam hal ibadah, suami istri perlu saling membantu. Jika istri dalam keadaan lalai, maka suami yang mengingatkan. Sebaliknya, jika suami yang lalai, maka istri berkewajiban untuk meluruskan. Ada mekanisme taushiyah yang hidup sepanjang hari. Allah berfirman: "Wahai orang-orang yang beriman, jagalah dirimu dan keluargamu dari api neraka." (QS. At-Tahrim: 6)

Salah satu aspek penjagaan yang tangguh adalah terbangunnya lembaga taushiyah, di mana suami bisa mengingatkan istri dan istri bisa menegur suami. Demikian juga orang tua bisa membimbing anak, dan anak bisa berdialog dengan orang tua.

Lembaga ini mutlak adanya, sebab selamanya manusia tidak pernah ma'shum. Artinya, peluang untuk berbuat maksiat selalu saja ada. Lembaga taushiyah harus terus-menerus dibangun dan diperjuangkan oleh semua unsur rumah tangga. Dengan demikian, teguran ringan sampai teguran yang keras sekalipun tetap bisa diterima. Bahkan menjadi budaya. Lembaga ini dihormati dan dijunjung tinggi, sehingga semua unsur yang ada -ayah, ibu, anak- taat asas. Tidak ada yang membangkang atau tersinggung.

Hadits di atas menggambarkan sebuah keluarga yang di dalamnya telah hidup lembaga taushiyah, sehingga sampai pada ibadah sunnah atau ibadah tambahan (nafilah), mereka tetap saling mengingatkan. Jika terhadap yang sunnah saja mereka bisa saling mengingatkan, apalagi terhadap yang wajib. Jika untuk membangunkan shalat malam saja mereka bisa sampai memercikkan air ke wajahnya, apalagi untuk membangunkan shalat shubuh. Tanggung jawab akhirat ternyata harus dipikul bersama oleh semua unsur keluarga. Meskipun suami menjadi kepala rumah tangga, tapi istri tidak boleh pasif. Kontrol istri tetap harus jalan. Semua harus aktif partisipatif dalam membangun kehidupan dunia dan akhirat.

Keluarga ideal selalu membagi waktu malamnya menjadi tiga bagian. Sepertiga malam pertama digunakan untuk bercengkerama dengan keluarga, sepertiga malam kedua dipakai untuk istirahat, tidur, sedang sepertiga malam terakhir dimanfaatkan untuk menyambung hubungan dengan pencipta-Nya, shalat malam.

Pembagian ini sangat adil, sebab semua kebutuhan bisa terpenuhi. Hak keluarga bisa diberikan, hak pribadi jalan, dan hak Allah juga terlaksanakan. Inilah sebuah model kehidupan yang harmonis dan berkeadilan.
Nah jadi dapat kita ketahui bahwa dalam keluarga yang baik semua hak dan kewajiban di anggota keluarga mempunyai bagiannya masing-masing.

Komentar

  1. Teman jangan lupa yah , mencantumkan link gunadarma . Skarang kan sudah mulai softskill, dan sebagai salah satu mahasiswa gunadarma , ayoo dong masukkin link gunadarmanya.

    Coba cek di studentsitenya yah.

    http://www.studentsite.gunadarma.ac.id

    BalasHapus
  2. @andrew: oke bro, ane udj link web Gunadarma dr dahulu hahaha

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siklus Hidup Layanan TI

ITIL (Information Technology Infrastructure Library) adalah kerangka umum yang menggambarkan Best Practice dalam manajemen layanan IT. ITIL menyediakan kerangka kerja bagi tata kelola IT, "membungkus layanan", dan berfokus pada pengukuran terus-menerus dan perbaikan kualitas layanan IT yang diberikan, baik dari sisi bisnis dan perspektif pelanggan. Kerangka kerja ITIL menyediakan struktur yang menerangkan layanan TI dalam bentuk siklus hidup (lifecycle). Pembuatan struktur dalam bentuk lifecycle ini untuk mempermudah pemahaman tahapan proses dan fungsi TI yang ada dalam ITIL. Ada 5 proses service lifecycle dalam ITIL, yaitu: 1. Service Strategy (Strategi Layanan) Sebagai pusat siklus layanan TI, Service strategy merupakan inti dari siklus hidup ITIL. Service Strategy menetapkan panduan/pedoman bagi penyedia layanan TI dan pelanggan mereka, untuk membantu mereka beroperasi dan berkembang dalam jangka panjang dengan membangun strategi layanan yang jelas seperti layanan apa yang

Keadilan dan Berbagai Macam Keadilan

Di sela-sela waktu luang ini saya sempatkan untuk membuat sebuah tulisan yang dimana memang diwajibkan untuk menulisnya, memang apa yang akan saya tulis saat ini? Ya tidak lain dan tidak bukan ini adalah merupakan tugas wajib saya untuk mata kuliah Ilmu Budaya Dasar, dikarenakan untuk setiap minggu mahasiswa harus membuat tulisan sesuai dengan SAP yang ada. Pada kesempatan ini saya akan menulis tentang “Manusia dan Keadilan”. Pertama akan saya jelaskan terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan keadilan. Saya menemukan tentang pengertian keadilan di ebook Ilmu Budaya Dasar dari Gunadarma dimana dijelaskan oleh Aristoteles, sebagai berikut Keadilan menurut Aristoteles adalah kelayakan dalam tindakan manusia. Kelayakan diartikan sebagai titik tengah diantara kedua ujung ekstrem yang terlalu banyak dan terlalu sedikit. Kedua ujung ekstrem itu menyangkut dua orang atau benda. Bila kedua orang tersebut mempunyai kesamaan dalam ukuran yang telah ditetapkan, maka masing-masing

Istilah Dalam Skenario dan Aplikasi Untuk Menulis Skenario

Skenario, adegan layar (screenplay) atau naskah film ialah cetak biru yang ditulis untuk film atau acara televisi. Skenario dapat dihasilkan dalam bentuk olahan asli atau adaptasi dari penulisan yang sudah ada seperti hasil sastra.  Istilah dalam Skenario antara lain: 1.      BCU (BIG CLOSE UP): Pengambilan gambar dengan jarak yang sangat dekat. Biasanya, untuk gambar-gambar kecil agar lebih jelas dan detail, seperti anting tokoh. 2.      CAMERA FOLLOW: Petunjuk pengambilan gambar dengan cara mengikuti pergerakan obyek 3.      CAMERA PAN TO: Petunjuk pengambilan gambar dengan cara mengalihkan kamera kepada obyek yang dituju dari obyek sebelumnya 4.      COMMERCIAL BREAK: Jeda iklan. Penulis skenario harus memperhitungkan jeda ini, dengan memberi kejutan atau suspense agar penonton tetap menunggu adegan berikutnya. 5.      CREDIT TITLE: Penayangan nama tim kreatif dan orang yang terlibat dalam sebuah produksi 6.      CU (CLOSE UP): Pengambilan gambar dengan jarak yang cukup dekat. Biasa