Langsung ke konten utama

Pemuda dan Organisasi Kepemudaan


Dengan adanya tugas Ilmu Sosial Dasar yang mengharuskan menulis sebuah artikel di Blog, maka dengan ini saya kembali menulis. Hehemmm.....(padahal belum dapet inspirasi....)

Karena adanya koneksi internet, syukur alhamdulillah saya bisa mencari beberapa inspirasi mudah-mudahan inspirasi ini menjadi lahan nilai yang baik untuk saya. Aamiin

Jadi teman-teman, tugas Mata kuliah Ilmu Sosial Dasar yang akan saya tulis yaitu mengenai “Pemuda dan SOrganisasi Kepemudaan”.

Oke saya mulai saja. Jadi apa sh yang dimaksud dengan pemuda dan sosialisasi??Tak perlu susah payah saya mencari apa yang dimaksud dengan pemuda, karena secara langsung saya dapatkan dari materi tugas yang diberikan oleh ketua kelas, kira-kira pengertian pemuda sebagai berikut:

Pemuda dalam pengertian adalah manusia-manusia muda, akan tetapi di Indonesia ini sehubungan dengan adanya program pembinaan generasi muda pengertian pemuda diperinci dan tersurat denganc pasti.”

Ditinjau dari kelompok umur, maka pemuda Indonesia adalah sebagai berikut :

  • Masa bayi : 0 – 1 tahun
  • Masa anak : 1 – 12 tahun
  • Masa Puber : 12 – 15 tahun
  • Masa Pemuda : 15 – 21 tahun
  • Masa dewasa : 21 tahun keatas
Dilihat dari segi budaya atau fungsionalya maka dikenal istilah anak, remaja dan dewasa, dengan perincian sebagia berikut :
  • Golongan anak : 0 – 12 tahun
  • Golongan remaja : 13 – 18 tahun
  • Golongan dewasa : 18 (21) tahun keatas
Dilihat dari segi ideologis politis, generasi muda adalah mereka yang berusia 18 – 30 – 40 tahun, karena merupakan calon pengganti generasi terdahulu. Pengertian pemuda berdasarkan umur dan lembaga serta ruang lingkup tempat pemuda berada terdiri atas 3 katagori yaitu
1. Siswa, usia antara 6 – 18 tahun, masih duduk di bangku sekolah
2. Mahasiswa usia antara 18 – 25 tahun beradi di perguruan tinggi dan akademi
3. Pemuda di luar lingkungan sekolah maupun perguruan tinggi yaitu mereka yang berusia 15 – 30 tahun keatas.
Maka dengan itu saya mendapat predikat sebagai PEMUDA. Hehehe...(bagaimana jadinya jika saya mendapat predikat sebagai generasi tua??? wakakakak...)
Sedangkan Sosialisasi adalah sebuah proses penanaman atau transfer kebiasaan atau nilai dan aturan dari satu generasi ke generasi lainnya dalam sebuah kelompok atau masyarakat. Sejumlah sosiolog menyebut sosialisasi sebagai teori mengenai peranan (role theory). Karena dalam proses sosialisasi diajarkan peran-peran yang harus dijalankan oleh individu. (http://id.wikipedia.org/wiki/Sosialisasi)

Ada 2 teori proses sosialisasi yang paling umum digunakan, yaitu teori Charles H. Cooley dan teori George Herbert Mead.

Teori Charles H. Cooley lebih menekankan pada peran interaksi antar manusia yang akan menghasilkan konsep diri (self concept). Proses pembentukan konsep diri ini yang kemudian disebut Cooley sebagai looking-glass self terbagi menjadi tiga tahapan sebagai berikut.

1. Seorang anak membayangkan bagaimana dia di mata orang lain.
Seorang anak merasa dirinya sebagai anak yang paling hebat dan yang paling pintar karena sang anak memiliki prestasi dan sering menang di berbagai lomba.

2. Seorang anak membayangkan bagaimana orang lain menilainya.
Dengan perasaan bahwa dirinya hebat, anak membayangkan pandangan orang lain terhadap dirinya. Ia merasa orang lain selalu memujinya, selalu percaya pada tindakannya. Perasaan ini muncul akibat perlakuan orang lain terhadap dirinya. Misalnya, orang tua selalu memamerkan kepandaiannya.

3. Apa yang dirasakan anak akibat penilaian tersebut.
Penilaian yang positif pada diri seorang anak akan menimbulkan konsep diri yang positif pula.
Semua tahap di atas berkaitan dengan teori labeling, yaitu bahwa seseorang akan berusaha memainkan peran sosial sesuai dengan penilaian orang terhadapnya. Jika seorang anak di beri label “nakal”, maka ada kemungkinan ia akan memainkan peran sebagai “anak nakal” sesuai dengan penilaian orang terhadapnya, meskipun penilaian itu belum tentu benar.

Menurut George Herbert Mead, sosialisasi yang dialami seseorang dapat dibedakan dalam tahap-tahap sebagai berikut.

• Tahap persiapan (Preparatory Stage)

Tahap ini dialami manusia sejak dilahirkan, ketika seorang anak mempersiapkan diri untuk mengenal dunia sosialnya, termasuk untuk memperoleh pemahaman tentang diri. Pada tahap ini juga anak-anak mulai melakukan kegiatan meniru meski tidak sempurna. Contoh: Kata “makan” yang diajarkan ibu kepada anaknya yang masih balita. Makna kata tersebut juga belum dipahami dengan tepat oleh anak. Lama-kelamaan anak memahami secara tepat makna kata “makan” tersebut dengan cara menghubungkannya dengan kenyataan yang dialaminya.

• Tahap meniru (Play Stage)

Tahap ini ditandai dengan:
  1. Semakin sempurnanya seorang anak menirukan peran-peran yang dilakukan oleh orang dewasa.
  2. Mulai terbentuk kesadaran tentang nama diri dan siapa nama orang tua, kakak, dan sebagainya.
  3. Anak mulai menyadari tentang apa yang dilakukan seorang ibu dan apa yang diharapkan seorang ibu dari anak. Dengan kata lain, kemampuan untuk menempatkan diri pada posisi orang lain juga mulai terbentuk pada tahap ini.
  4. Kesadaran bahwa dunia sosial manusia berisikan banyak orang. Sebagian dari orang tersebut merupakan orang-orang yang dianggap penting bagi pembentukan dan pertahanan diri, yakni dari mana anak menyerap norma dan nilai (Significant other).

• Tahap siap bertindak (Game Stage)

Peniruan yang dilakukan sudah mulai berkurang dan digantikan oleh peran yang secara langsung dimainkan sendiri dengan penuh kesadaran. Kemampuannya menempatkan diri pada posisi orang lain pun meningkat sehingga memungkinkan adanya kemampuan bermain secara bersama-sama. Dia mulai menyadari adanya tuntutan untuk bekerja sama dengan teman-temannya. Pada tahap ini lawan berinteraksi semakin banyak dan hubungannya semakin kompleks. Individu mulai berhubungan dengan teman-teman sebaya di luar rumah. Peraturan-peraturan yang berlaku di luar keluarganya secara bertahap juga mulai dipahami. Bersamaan dengan itu, anak mulai menyadari bahwa ada norma tertentu yang berlaku di luar keluarganya.

• Tahap penerimaan norma kolektif (Generalized Stage)

Pada tahap ini seseorang telah dianggap dewasa. Dia sudah dapat menempatkan dirinya pada posisi masyarakat secara luas. Dengan kata lain, ia dapat bertenggang rasa tidak hanya dengan orang-orang yang berinteraksi dengannya tapi juga dengan masyarakat luas. Manusia dewasa menyadari pentingnya peraturan, kemampuan bekerja sama bahkan dengan orang lain yang tidak dikenalnya secara mantap. Manusia dengan perkembangan diri pada tahap ini telah menjadi warga masyarakat dalam arti sepenuhnya.

Dengan proses sosialisasi tersebut lebih mengarah ke benuk perilaku kita, apalagi sebagai seorang pemuda yang masih muda yang dimana fikrannya masih labil sehingga dengan mudah berbagai sesuatu dapat mengubah perilaku kita. Maka dari itu sebagai seorang pemuda yang menjadi penerus generasi perlu adanya sebuah “benteng”, untuk melindungi perilaku kita dari hal-hal yang negatif.

Hal ini bisa dilakukan dengan mendekatkan diri kepada Allah salah satunya, dengan memperdalam agama. Hal lainnya adalah menjaga pergaulan kita, karena pergaulan begitu sangat berpengaruh sekali.

Akan tetapi kita jangan menutup diri dari kehidupan sosial yang ada, karena dengan kita menutup diri akan mengakibatkan kita seperti hidup tak mempunyai apa-apa, karena kita adalah sebagai makhluk sosial.

Sosialisasi yang sederhana yang bisa kita lakukan sebagai pemuda misalnya dengan tergabung dengan organisasi kepemudaan. Dengan ini kita bisa mengasah diri untuk menjadi pemuda yang handal dan menjadikan kita pemuda yang selalu aktif dan kreatif, karena dengan kita tergabung dengan organisas kepemudaan kita mendapat banyak pengalaman dan berbagai informasi. Banyak orang Indonesia menyebut organisasi kepemudaan dengan sebutan Karang Taruna, teman-teman bisa baca disinI:

“Karang Taruna merupakan wadah pengembangan generasi muda nonpartisan, yang tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat khususnya generasi muda di wilayah Desa / Kelurahan atau komunitas sosial sederajat, yang terutama bergerak dibidang kesejahteraan sosial. Sebagai organisasi sosial kepemudaan Karang Taruna merupakan wadah pembinaan dan pengembangan serta pemberdayaan dalam upaya mengembangkan kegiatan ekonomis produktif dengan pendayagunaan semua potensi yang tersedia dilingkungan baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang telah ada. Sebagai organisasi kepemudaan, Karang Taruna berpedoman pada Pedoman Dasar dan Pedoman Rumah Tangga dimana telah pula diatur tentang struktur penggurus dan masa jabatan dimasing-masing wilayah mulai dari Desa / Kelurahan sampai pada tingkat Nasional. Semua ini wujud dari pada regenerasi organisasi demi kelanjutan organisasi serta pembinaan anggota Karang Taruna baik dimasa sekarang maupun masa yang akan datang.”

(http://id.wikipedia.org/wiki/Karang_Taruna)

Selain berpengaruh terhadap pengembanagan diri, organisasi juga berperan sebagai wadah kita dalam mencari informasi yang mungkin kita tidak menyadarinya, misalnya dengan kita tergabung dengan organisasi kepemudaan dapat dengan mudah kita mempunyai banyak relasi, dengan ini kita bisa mendapat informasi mengenai lowongan kerja misalnya, dan lain-lain. Kemudian organisasi kepemudaan ini berperan di masyarakat sebagai ujung tombak dalam aktivitas di masyarakat, misalnya dengan akan diadakannya acara-acara penting seperti acara keagamaan, acara perlomaan d hari kemerdekaan dan sejenisnya, maka organisasi kepemudaan lah yang akan turun tangan untuk membantu berjalannya acara tersebut.

Saya tergabung dalam organisasi kepemudaan Baseware Community(biasa kita menyebutnya), disini bukan hanya anak-anak muda yang suka main saja yang tergabung bahkan pejabat setempat pun ikut tergabung didalamnya, ada pula para guru dan ustadz. Organisasi ini dipimpin oleh guru saya sendiri(guru PPKI), beliau dengan semangat menggabungkan semangat para anggotanya dalam komunitas ini. Saya tidak menyangka bahwa organisasi kepemudaan ini akan begitu penting di daerah saya, karena berbagai aktivitas dan bentuan yang dilakukan organisasi ini terhadap masyarakat begitu aktif.

Dengan organisasi tersebut, pemuda di daerah saya juga menjadi aktif dalam beberapa bidang olah raga misalnya sepak bola dan futsal bahkan sering mengikuti berbagai event pertandingan olah raga.

Nah oleh karena itu organisasi kepemudaan sangat berarti di kehidupan bermasyarakat, menjadi pembentuk pribadi yang aktif dan kreatif dan menjadi tiang bagi masyarakat sekitar...

SEMANGAT PEMUDA SEMANGAT PEJUANG!!!!

AYO TETAP SEMANGAT WAHAI PEMUDA..!!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siklus Hidup Layanan TI

ITIL (Information Technology Infrastructure Library) adalah kerangka umum yang menggambarkan Best Practice dalam manajemen layanan IT. ITIL menyediakan kerangka kerja bagi tata kelola IT, "membungkus layanan", dan berfokus pada pengukuran terus-menerus dan perbaikan kualitas layanan IT yang diberikan, baik dari sisi bisnis dan perspektif pelanggan. Kerangka kerja ITIL menyediakan struktur yang menerangkan layanan TI dalam bentuk siklus hidup (lifecycle). Pembuatan struktur dalam bentuk lifecycle ini untuk mempermudah pemahaman tahapan proses dan fungsi TI yang ada dalam ITIL. Ada 5 proses service lifecycle dalam ITIL, yaitu: 1. Service Strategy (Strategi Layanan) Sebagai pusat siklus layanan TI, Service strategy merupakan inti dari siklus hidup ITIL. Service Strategy menetapkan panduan/pedoman bagi penyedia layanan TI dan pelanggan mereka, untuk membantu mereka beroperasi dan berkembang dalam jangka panjang dengan membangun strategi layanan yang jelas seperti layanan apa yang

Keadilan dan Berbagai Macam Keadilan

Di sela-sela waktu luang ini saya sempatkan untuk membuat sebuah tulisan yang dimana memang diwajibkan untuk menulisnya, memang apa yang akan saya tulis saat ini? Ya tidak lain dan tidak bukan ini adalah merupakan tugas wajib saya untuk mata kuliah Ilmu Budaya Dasar, dikarenakan untuk setiap minggu mahasiswa harus membuat tulisan sesuai dengan SAP yang ada. Pada kesempatan ini saya akan menulis tentang “Manusia dan Keadilan”. Pertama akan saya jelaskan terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan keadilan. Saya menemukan tentang pengertian keadilan di ebook Ilmu Budaya Dasar dari Gunadarma dimana dijelaskan oleh Aristoteles, sebagai berikut Keadilan menurut Aristoteles adalah kelayakan dalam tindakan manusia. Kelayakan diartikan sebagai titik tengah diantara kedua ujung ekstrem yang terlalu banyak dan terlalu sedikit. Kedua ujung ekstrem itu menyangkut dua orang atau benda. Bila kedua orang tersebut mempunyai kesamaan dalam ukuran yang telah ditetapkan, maka masing-masing

Sejarah, Keunggulan dan Cara Membuat Video di Aniamker

Animaker Animaker adalah perangkat lunak video dan animasi berbasis cloud yang pertama kali diluncurkan dalam versi beta terbuka pada tahun 2014. Pada bulan Februari 2015, perangkat lunak secara resmi diluncurkan berdasarkan model freemium yang memungkinkan pengguna opsi akun gratis. Perangkat lunak ini menyediakan alat online untuk membuat dan mengedit animasi video. Perangkat lunak ini dikembangkan oleh Animaker Inc., sebuah perusahaan SaaS berbasis video yang didirikan oleh RS Raghavan.  Animaker dibangun di atas HTML5 dan membantu pengguna membuat video animasi yang dapat diekspor ke Facebook , YouTube , atau diunduh sebagai file MP4. Perangkat lunak ini juga tersedia sebagai ekstensi Chrome di Toko Web Chrome . Keunggulan Animaker Dapat didownload secara gratis. Untuk mudah di buka saat Penggunaannya. Namun pembuatan Video animasinya masih Berbasis web. Fiturnya cukup lengkap mulai dari infografik, typografi, 2 dimensi dan 2,5 dimensi. Hasilnya dapat dibuat video dengan durasi sep