Langsung ke konten utama

Fungsi dan Fitur Google Analytics



Google Analytics adalah layanan analitik dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web atau aplikasi mobile.

Perbedaan yang paling mendasar adalah Google Analytics free menawarkan integrasi dengan platform:

  1. Google Ads
  2. AdSense
  3. Search Console (formerly Webmaster Tools)

Sementara Google Analytics 360 menawarkan integrasi yang lebih lengkap dengan platform:

  1. Google Ads
  2. AdSense
  3.  Search Console
  4. Ad Manager
  5. Display & Video 360
  6. Search Ads 360
  7. Campaign Manager
  8. Google BigQuery
  9. Salesforce
  10. Advanced analytics
  11. Advanced funnel reporting
  12. Advanced attribution modeling
  13. Cross property report

Untuk versi Google Analytics free juga terdapat keterbatasan seperti:

  • 200 views per properti (website atau aplikasi) vs 400 views di Google Analytics 360
  • 20 pengaturan dimensi (dimensions) dan metrik per properti vs 200 di Google Analytics 360
  • Refresh data yang tidak tentu waktunya vs 4 jam atau lebih cepat di Google Analytics 360
  • Keterbatasan jumlah data vs tanpa batas (unlimited) di Google Analytics 360
  • Tidak disediakan contoh report vs tersedia di Google Analytics 360
  • Tidak disediakan akses ke raw data vs tersedia di Google Analytics 360

Hanya mendapatkan bantuan melalui pusat bantuan online dan forum komunitas vs bantuan khusus yang disediakan oleh Google dan Global partner network di Google Analytics 360

Namun jangan khawatir dengan versi Google Analytics yang free-pun jika website anda bukan tergolong website dengan trafik sangat tinggi per hari seperti ecommerce, airline, travel, hotel dan sejenisnya maka Google Analytics free sudah lebih dari cukup untuk bisa membantu anda mengukur dan meningkatkan performa website, kampanye digital marketing dan juga bisnis anda tentunya.


Google Analytics dapat mengukur beberapa metrik seperti:

1. Mengenai pengunjung website anda.

  • Berapa pengunjung website anda?
  • Dari perangkat apa mereka mengaksesnya? Desktop, tablet atau mobile.
  • Tipe handphone apa yang mereka gunakan?
  • Browser apa yang mereka gunakan?
  • Provider internet apa yang mereka gunakan?
  • Bagaimana demografik mereka? Jenis kelamin dan usia.
  • Apa ketertarikan (interest) pengunjung website anda?
  • Dari mana lokasi (negara) mana mereka mengakses website anda?
  • Bahasa apa yang mereka gunakan? Diambil dari pengaturan web browser pengunjung website anda.
  • Bagaimana perbandingan pengunjung baru dengan pengunjung lama yang kembali?

2. Mengenai website yang mendatangkan trafik ke website anda.

  • Berapa banyak pengunjung yang datang langsung (direct) ke website anda? Dengan mengetikan alamat website langsung.
  • Website apa yang paling banyak mendatangkan trafik ke website anda dan menghasilkan konversi.
  • Media sosial apa yang paling banyak mendatangkan trafik ke website anda.
  • Bagaimana performa kampanye marketing atau iklan berbayar (paid ads) anda?
  • Kata kunci (keywords) apa yang mendatangkan trafik ke website anda? Dari yang berbayar (paid) dan organik.

3. Mengenai halaman website anda.

  • Halaman apa yang paling lama diakses atau paling cepat ditinggalkan?
  • Halaman apa yang paling banyak diakses atau ditinggalkan?
  • Bagaimana efektifitas website anda? dari sisi konten, desain atau navigasi.
  • Seberapa cepat halaman website anda?

4. Mengenai aksi pengunjung website anda.

  • Berapa lama mereka berada diwebsite anda?
  • Berapa banyak halaman yang mereka kunjungi di website anda?
  • Bagaimana perilaku pengunjung website anda terhadap goal website anda?
  • Berapa banyak pengunjung yang mengunduh (download) file yang anda bagikan, mengisi data di form, menonton video yang dipasang dihalaman (embed) hingga mengklik semua tombol atau link yang ada disana?
  • Berapa nilai konversi yang dihasilkan? Dibutuhkan pengaturan khusus sebelumnya.
  • Kata kunci (keywords) apa yang mereka cari di website anda?
  • Berapa lama mereka kembali lagi ke website anda setelah kunjungan pertama?
  • Seberapa sering pengunjung anda kembali mengunjungi website anda?

Nah setelah anda tahu apa yang bisa anda lakukan dengan Google Analytics maka anda akan mendapatkan banyak sekali data dan informasi mengenai pengunjung website anda, maka langkah selanjutnya adalah anda harus tahu apa yang akan diukur dan mendapatkan insight yang berguna untuk mengembangkan bisnis anda, meningkatkan performa kampanye digital marketing (digital campaign) atau performa website anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siklus Hidup Layanan TI

ITIL (Information Technology Infrastructure Library) adalah kerangka umum yang menggambarkan Best Practice dalam manajemen layanan IT. ITIL menyediakan kerangka kerja bagi tata kelola IT, "membungkus layanan", dan berfokus pada pengukuran terus-menerus dan perbaikan kualitas layanan IT yang diberikan, baik dari sisi bisnis dan perspektif pelanggan. Kerangka kerja ITIL menyediakan struktur yang menerangkan layanan TI dalam bentuk siklus hidup (lifecycle). Pembuatan struktur dalam bentuk lifecycle ini untuk mempermudah pemahaman tahapan proses dan fungsi TI yang ada dalam ITIL. Ada 5 proses service lifecycle dalam ITIL, yaitu: 1. Service Strategy (Strategi Layanan) Sebagai pusat siklus layanan TI, Service strategy merupakan inti dari siklus hidup ITIL. Service Strategy menetapkan panduan/pedoman bagi penyedia layanan TI dan pelanggan mereka, untuk membantu mereka beroperasi dan berkembang dalam jangka panjang dengan membangun strategi layanan yang jelas seperti layanan apa yang

Keadilan dan Berbagai Macam Keadilan

Di sela-sela waktu luang ini saya sempatkan untuk membuat sebuah tulisan yang dimana memang diwajibkan untuk menulisnya, memang apa yang akan saya tulis saat ini? Ya tidak lain dan tidak bukan ini adalah merupakan tugas wajib saya untuk mata kuliah Ilmu Budaya Dasar, dikarenakan untuk setiap minggu mahasiswa harus membuat tulisan sesuai dengan SAP yang ada. Pada kesempatan ini saya akan menulis tentang “Manusia dan Keadilan”. Pertama akan saya jelaskan terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan keadilan. Saya menemukan tentang pengertian keadilan di ebook Ilmu Budaya Dasar dari Gunadarma dimana dijelaskan oleh Aristoteles, sebagai berikut Keadilan menurut Aristoteles adalah kelayakan dalam tindakan manusia. Kelayakan diartikan sebagai titik tengah diantara kedua ujung ekstrem yang terlalu banyak dan terlalu sedikit. Kedua ujung ekstrem itu menyangkut dua orang atau benda. Bila kedua orang tersebut mempunyai kesamaan dalam ukuran yang telah ditetapkan, maka masing-masing

Istilah Dalam Skenario dan Aplikasi Untuk Menulis Skenario

Skenario, adegan layar (screenplay) atau naskah film ialah cetak biru yang ditulis untuk film atau acara televisi. Skenario dapat dihasilkan dalam bentuk olahan asli atau adaptasi dari penulisan yang sudah ada seperti hasil sastra.  Istilah dalam Skenario antara lain: 1.      BCU (BIG CLOSE UP): Pengambilan gambar dengan jarak yang sangat dekat. Biasanya, untuk gambar-gambar kecil agar lebih jelas dan detail, seperti anting tokoh. 2.      CAMERA FOLLOW: Petunjuk pengambilan gambar dengan cara mengikuti pergerakan obyek 3.      CAMERA PAN TO: Petunjuk pengambilan gambar dengan cara mengalihkan kamera kepada obyek yang dituju dari obyek sebelumnya 4.      COMMERCIAL BREAK: Jeda iklan. Penulis skenario harus memperhitungkan jeda ini, dengan memberi kejutan atau suspense agar penonton tetap menunggu adegan berikutnya. 5.      CREDIT TITLE: Penayangan nama tim kreatif dan orang yang terlibat dalam sebuah produksi 6.      CU (CLOSE UP): Pengambilan gambar dengan jarak yang cukup dekat. Biasa