Google Analytics adalah layanan analitik dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web atau aplikasi mobile.
Perbedaan yang paling mendasar adalah Google Analytics free menawarkan integrasi dengan platform:
- Google Ads
- AdSense
- Search Console (formerly Webmaster Tools)
Sementara Google Analytics 360 menawarkan integrasi yang lebih lengkap dengan platform:
- Google Ads
- AdSense
- Search Console
- Ad Manager
- Display & Video 360
- Search Ads 360
- Campaign Manager
- Google BigQuery
- Salesforce
- Advanced analytics
- Advanced funnel reporting
- Advanced attribution modeling
- Cross property report
Untuk versi Google Analytics free juga terdapat keterbatasan seperti:
- 200 views per properti (website atau aplikasi) vs 400 views di Google Analytics 360
- 20 pengaturan dimensi (dimensions) dan metrik per properti vs 200 di Google Analytics 360
- Refresh data yang tidak tentu waktunya vs 4 jam atau lebih cepat di Google Analytics 360
- Keterbatasan jumlah data vs tanpa batas (unlimited) di Google Analytics 360
- Tidak disediakan contoh report vs tersedia di Google Analytics 360
- Tidak disediakan akses ke raw data vs tersedia di Google Analytics 360
Hanya mendapatkan bantuan melalui pusat bantuan online dan forum komunitas vs bantuan khusus yang disediakan oleh Google dan Global partner network di Google Analytics 360
Namun jangan khawatir dengan versi Google Analytics yang free-pun jika website anda bukan tergolong website dengan trafik sangat tinggi per hari seperti ecommerce, airline, travel, hotel dan sejenisnya maka Google Analytics free sudah lebih dari cukup untuk bisa membantu anda mengukur dan meningkatkan performa website, kampanye digital marketing dan juga bisnis anda tentunya.
Google Analytics dapat mengukur beberapa metrik seperti:
1. Mengenai pengunjung website anda.
- Berapa pengunjung website anda?
- Dari perangkat apa mereka mengaksesnya? Desktop, tablet atau mobile.
- Tipe handphone apa yang mereka gunakan?
- Browser apa yang mereka gunakan?
- Provider internet apa yang mereka gunakan?
- Bagaimana demografik mereka? Jenis kelamin dan usia.
- Apa ketertarikan (interest) pengunjung website anda?
- Dari mana lokasi (negara) mana mereka mengakses website anda?
- Bahasa apa yang mereka gunakan? Diambil dari pengaturan web browser pengunjung website anda.
- Bagaimana perbandingan pengunjung baru dengan pengunjung lama yang kembali?
2. Mengenai website yang mendatangkan trafik ke website anda.
- Berapa banyak pengunjung yang datang langsung (direct) ke website anda? Dengan mengetikan alamat website langsung.
- Website apa yang paling banyak mendatangkan trafik ke website anda dan menghasilkan konversi.
- Media sosial apa yang paling banyak mendatangkan trafik ke website anda.
- Bagaimana performa kampanye marketing atau iklan berbayar (paid ads) anda?
- Kata kunci (keywords) apa yang mendatangkan trafik ke website anda? Dari yang berbayar (paid) dan organik.
3. Mengenai halaman website anda.
- Halaman apa yang paling lama diakses atau paling cepat ditinggalkan?
- Halaman apa yang paling banyak diakses atau ditinggalkan?
- Bagaimana efektifitas website anda? dari sisi konten, desain atau navigasi.
- Seberapa cepat halaman website anda?
4. Mengenai aksi pengunjung website anda.
- Berapa lama mereka berada diwebsite anda?
- Berapa banyak halaman yang mereka kunjungi di website anda?
- Bagaimana perilaku pengunjung website anda terhadap goal website anda?
- Berapa banyak pengunjung yang mengunduh (download) file yang anda bagikan, mengisi data di form, menonton video yang dipasang dihalaman (embed) hingga mengklik semua tombol atau link yang ada disana?
- Berapa nilai konversi yang dihasilkan? Dibutuhkan pengaturan khusus sebelumnya.
- Kata kunci (keywords) apa yang mereka cari di website anda?
- Berapa lama mereka kembali lagi ke website anda setelah kunjungan pertama?
- Seberapa sering pengunjung anda kembali mengunjungi website anda?
Nah setelah anda tahu apa yang bisa anda lakukan dengan Google Analytics maka anda akan mendapatkan banyak sekali data dan informasi mengenai pengunjung website anda, maka langkah selanjutnya adalah anda harus tahu apa yang akan diukur dan mendapatkan insight yang berguna untuk mengembangkan bisnis anda, meningkatkan performa kampanye digital marketing (digital campaign) atau performa website anda.
Komentar
Posting Komentar