- Tempatkan server pada tempat yang aman agar tidak sembarang orang bisa memasuki ruangan tersebut
- Berikan pendingin ruangan yang suhunya sesuai agar server tidak panas karena bisa saja suhu server naik dalam waktu singkat ketika banyak yang mengakses sehingga mengakibatkan hal yang tidak dinginkan
- Memakai Kabel Listrik Yang Layak Di Pakai,Agar Untuk Suplai Listriknya Bisa Maximal Sehinga Regulator PC tegangan Tidak Labil Yang Menyebabkan Komputer Jadi Hang
- Untuk Menjaga Ketika Ada Pemadaman Listrik Dari PLN sediakan UPS Yang Sudah Di Modifikasi (Memakai genset atau Inverter)
- Pakai hardisk yang putaran RPM nya tinggi, Di Usahakan power utk hardisknya jgn pakai yg dari power supply, jadi ambil dari external aja sehingga apabila ada arus yg tdk stabil entah dari kabel data atau mati lampu jadi hardisk bisa terhindar dari kerusakan
- Menginstall aplikasi yang hanya dibutuhkan saja sehingga tidak mengurangi kinerja server
- Melakukan clean up server secara berkala agar melindungi dari kerusakan yang tidak diinginkan pada computer server
- Back up semua data server ke hard disk eksternal sehingga sekalipun hard disk pada server mengalami gangguan atau gagal beroprasi maka data tersebut masih bisa terselamatkan.
ITIL (Information Technology Infrastructure Library) adalah kerangka umum yang menggambarkan Best Practice dalam manajemen layanan IT. ITIL menyediakan kerangka kerja bagi tata kelola IT, "membungkus layanan", dan berfokus pada pengukuran terus-menerus dan perbaikan kualitas layanan IT yang diberikan, baik dari sisi bisnis dan perspektif pelanggan. Kerangka kerja ITIL menyediakan struktur yang menerangkan layanan TI dalam bentuk siklus hidup (lifecycle). Pembuatan struktur dalam bentuk lifecycle ini untuk mempermudah pemahaman tahapan proses dan fungsi TI yang ada dalam ITIL. Ada 5 proses service lifecycle dalam ITIL, yaitu: 1. Service Strategy (Strategi Layanan) Sebagai pusat siklus layanan TI, Service strategy merupakan inti dari siklus hidup ITIL. Service Strategy menetapkan panduan/pedoman bagi penyedia layanan TI dan pelanggan mereka, untuk membantu mereka beroperasi dan berkembang dalam jangka panjang dengan membangun strategi layanan yang jelas seperti layanan apa yang
Komentar
Posting Komentar