Langsung ke konten utama

Identifikasi Layanan Teknologi Informasi



Secara sederhana, IT service management atau yang biasa disingkat dengan ITSM adalah sebuah usaha dari tim IT untuk memberikan layanan IT dengan memprioritaskan pelanggan.

Tim IT yang dimaksud biasanya gabungan dari orang-orang yang bertanggung jawab atas desain, penciptaan produk, dan lain-lain. Dalam bahasa Indonesia, ITSM juga bisa disebut manajemen layanan teknologi informasi. Layanan IT ini bisa diberikan kepada pelanggan. Akan tetapi, ITSM juga bisa diimplementasikan di dalam perusahaan, lho!

Metode ITSM dapat digunakan dalam layanan pengadaan hardware, software, dan lain-lain. Dengan memprioritaskan kepada siapa tim IT memberikan layanan, perusahaan tentu akan diuntungkan karena fokus pada customer dan ekspektasi mereka. ITSM muncul karena sebuah pandangan bahwa teknologi informasi merupakan hal yang sangat berkaitan dengan layanan.


Menerapkan metode ini bisa membuat perusahaan memiliki lebih banyak keuntungan, lho! Berbagai alasan mengapa ITSM penting adalah:

  1. menyelaraskan tim IT dengan prioritas bisnis
  2. menempatkan pelanggan sebagai pengguna di tempat nomor satu
  3. memungkinkan kolaborasi di antara berbagai departemen
  4. dapat melakukan koordinasi dengan lebih efektif dan efisien
  5. meningkatkan kecepatan layanan apabila terjadi masalah IT


Proses ITSM

Kamu telah mengetahui bahwa IT service management atau ITSM adalah sebuah proses. Nah, apa saja, sih, yang menjadi komponen dari proses itu?

Secara umum, berbagai manajemen yang dilakukan dalam proses ini di antaranya:

  • manajemen masalah, untuk melihat akar penyebab suatu masalah
  • manajemen aset, untuk melihat aset IT yang dimiliki perusahaan atau pelanggan
  • manajemen perubahan, memastikan apakah prosedur yang dilakukan sudah efektif dan efisien, atau masih butuh berbagai penyesuaian agar bisa menjadi lebih baik
  • manajemen insiden, untuk menanggapi dan bersiap-siap apabila terjadi suatu masalah IT
  • manajemen finansial, membuat pelayanan yang biayanya seefisien mungkin
  • dan lain-lain


ITSM vs ITIL vs DevOps

Dalam dunia IT, hal yang serupa tapi tak sama dengan IT service management adalah ITIL dan DevOps.

Memang, ketiganya memiliki berbagai kesamaan. Akan tetapi, perbedaan di antara mereka juga cukup jelas.

ITSM

Kamu tentu telah memahami istilah ini dari uraian informasi di atas.

ITSM adalah proses atau usaha dari tim IT untuk memberikan layanan IT.

ITIL

Nah, ITIL merupakan singkatan dari IT infrastructure library. Sejatinya, ITIL merupakan salah satu metode pendekatan ITSM. ITIL merupakan suatu cara, sementara ITSM adalah tujuannya.

Sering kali, ITIL dipandang sebagai aturan atau aturan baku untuk ITSM. Padahal, ITIL hanyalah panduan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan konteks yang terjadi dalam tim IT.

DevOps

Istilah terakhir adalah DevOps. DevOps memiliki penekanan membuat proses penciptaan produk yang secepat mungkin melalui kolaborasi. Dengan alasan inilah, sering kali, DevOps dibenturkan dengan ITSM. ITSM memprioritaskan kualitas, sementara DevOps mendahulukan kecepatan. Padahal, tentu saja, apa yang terjadi tak selalu hitam putih. Keduanya dibutuhkan dan bisa saling menopang tim IT.

Tak bisa dipungkiri, DevOps dan ITSM sama-sama menginginkan kolaborasi dalam tim IT. Bukan tak mungkin, kedua hal ini diterapkan secara bersama-sama.

Sejatinya, memahami ITSM adalah salah satu langkah baik untuk memperbaiki kualitas layanan teknologi informasi dalam tim.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tentang Storyboard dan Animasi Stop-motion

Storyboard Storyboard yaitu sketsa gambar yang berurutan sesuai dengan naskah cerita film tersebut. Storyboard digunakan untuk membuat naskah cerita menjadi lebih hidup, dan cerita film tersebut dapat disajikan kepada penonton dengan membawakan pesan dari pembuat film tersebut. Storyboard adalah rangkaian cerita yang memberikan rincian video, dan ilustrasi adegan utama, yaitu bagaimana latar belakangnya, siapa yang akan ada dalam video, dan adegan apa yang akan ditampilkan. Berikut ini akan kita bahas cara membuat storyboard dalam film pendek beserta contohnnya. 1. Memilih media yang paling cocok digunakan untuk dibuat template storyboard. Anda bisa menggunakan papan putih yang dibagi – bagi perkolom untuk menggambarkan setiap adegan, namun ukuran yang digunakan haruslah yang lumayan besar. Jika ingin menggunakan software, Anda dapat menggunakan “Adobe Illustrator”, “storyboardthat.com”, “Microsoft PowerPoint”, “Amazon’s Storyteller”, atau “inDesign” untuk membuat template storyboard d...

Sejarah, Keunggulan dan Cara Membuat Video di Aniamker

Animaker Animaker adalah perangkat lunak video dan animasi berbasis cloud yang pertama kali diluncurkan dalam versi beta terbuka pada tahun 2014. Pada bulan Februari 2015, perangkat lunak secara resmi diluncurkan berdasarkan model freemium yang memungkinkan pengguna opsi akun gratis. Perangkat lunak ini menyediakan alat online untuk membuat dan mengedit animasi video. Perangkat lunak ini dikembangkan oleh Animaker Inc., sebuah perusahaan SaaS berbasis video yang didirikan oleh RS Raghavan.  Animaker dibangun di atas HTML5 dan membantu pengguna membuat video animasi yang dapat diekspor ke Facebook , YouTube , atau diunduh sebagai file MP4. Perangkat lunak ini juga tersedia sebagai ekstensi Chrome di Toko Web Chrome . Keunggulan Animaker Dapat didownload secara gratis. Untuk mudah di buka saat Penggunaannya. Namun pembuatan Video animasinya masih Berbasis web. Fiturnya cukup lengkap mulai dari infografik, typografi, 2 dimensi dan 2,5 dimensi. Hasilnya dapat dibuat video dengan durasi...

Siklus Hidup Layanan TI

ITIL (Information Technology Infrastructure Library) adalah kerangka umum yang menggambarkan Best Practice dalam manajemen layanan IT. ITIL menyediakan kerangka kerja bagi tata kelola IT, "membungkus layanan", dan berfokus pada pengukuran terus-menerus dan perbaikan kualitas layanan IT yang diberikan, baik dari sisi bisnis dan perspektif pelanggan. Kerangka kerja ITIL menyediakan struktur yang menerangkan layanan TI dalam bentuk siklus hidup (lifecycle). Pembuatan struktur dalam bentuk lifecycle ini untuk mempermudah pemahaman tahapan proses dan fungsi TI yang ada dalam ITIL. Ada 5 proses service lifecycle dalam ITIL, yaitu: 1. Service Strategy (Strategi Layanan) Sebagai pusat siklus layanan TI, Service strategy merupakan inti dari siklus hidup ITIL. Service Strategy menetapkan panduan/pedoman bagi penyedia layanan TI dan pelanggan mereka, untuk membantu mereka beroperasi dan berkembang dalam jangka panjang dengan membangun strategi layanan yang jelas seperti layanan apa yang...